Setelah tombol selesai kita buat pada , maka langkah selanjutnya adalah memberikan code pada tombol agar bisa menuju objek yang kita inginkan. Langkah awalnya adalah sebagai berikut:
- Tambahkan Instance Name pada tombol a, seperti tampilan berikut:
- Lalu tekan F9 pada layer action frame 1, isi dengan code berikut :
// untuk membuat scene berhenti di frame ini (1)
this.stop();
// untuk mnegarahkan tombol ke label "tombol"
this.btn_tombola.addEventListener("click", fl_ClickToGoToAndStopAtFrame_2.bind(this));
function fl_ClickToGoToAndStopAtFrame_2()
{
this.gotoAndStop("tombolb");
}
- Selanjutnya pada frame 1 tambahkan label
tombola
- Pada frame 15 tambahkan label
tombolb
- Klik pada frame 15, lalu pilih objek tombol B, lalu berikan klik F9 dan isikan code berikut :
this.btn_tombolb.addEventListener("click", fl_ClickToGoToAndStopAtFrame_3.bind(this));
function fl_ClickToGoToAndStopAtFrame_3()
{
this.gotoAndStop("tombola");
}
Untuk hasilnya bisa di cek pada link berikut : https://abdulrahmann.com/matakuliah/multimedia/tombol/
Tugas 1 : Silahkan buat 4 buah tombol, yaitu tombol A, B, C dan D. Jika tombol di klik maka akan pergi ke tombol yang di inginkan.