Sistem Basis Data · August 18, 2021 0

Perancangan Sistem Basis Data #3

Ada beberapa model untuk merancang sistem basis data yaitu :

  1. Berbasis Objek
    ERD (Entity Relasionship Diagram), Simantik
  2. Bebasis Record
    Relasi, Jaringan, Hirarky

Keterangan :

ERD (Entity Relasionship Diagram)
Adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.

Simbol-Simbol ERD

Entitas
Notasi untuk mewakili suatu objek dengan karakteristik sama yang dilengkapi oleh atribut, sehingga pada suatu lingkungan nyata setiap objek akan berbeda dengan objek lainnya. Pada umumnya, objek dapat berupa benda, pekerjaan, tempat, dan orang.

Simbol Entitas

Relasi
Notasi  yang digunakan  untuk  menghubungkan  beberapa  entitas  berdasarkan  fakta pada suatu lingkungan

Simbol Relasi

Atribut
Notasi yang menjelaskan karakteristik suatu entitas dan juga relasinya. Atribut dapat sebagai key yang bersifat unik seperti Primary Key atau Foreign Key

Simbol Atribut

Garis Penghubung
Notasi  untuk  merangkai  keterkaitan  antara  notasi-notasi  yang  digunakan  seperti Entitas, Relasi dan Atribut

Simbol Garis Penghubung

Contoh ERD

Contoh ERD

SIMANTIK

Adalah gambaran pengetahuan grafis yang menunjukan hubungan antar berbagai objek, terdiri dari lingkaran-lingkaran yang dihubungkan dengan anak panah yang menunjukan objek dan informasi tentang objek-objek tersebut.

Contoh Simantik

RELASI
Merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan tabel yang lainnya, yang berfungsi untuk mengatur operasi suatu database. Hubungan yang dapat dibentuk dapat mencakupi 3 (tiga) macam hubungan yaitu.

  1. One-To-One (1 – 1)
  2. One-To-Many (1 – )
  3. Many-To-Many ( – )

Keterangan :

One-To-One (1 – 1)

Relasi one to one adalah relasi dimana setiap satu baris data pada tabel satu hanya berhubungan dengan satu baris data di tabel dua. Artinya masing – masing hanya memiliki satu hubungan saja. Biasanya relasi seperti ini digunakan pada relasi pengguna dan userlogin. Dimana satu pengguna hanya memiliki satu akun untuk login. dan satu akun login hanya dimiliki oleh satu pengguna.

Relasi One to One

One-To-Many (1 – )

Relasi one to many adalah relasi yang mana setiap baris dari tabel pertama dapat dihubungkan dengan satu baris ataupun lebih dari tabel kedua. Artinya satu baris dari tabel pertama dapat mencangkup banyak data pada tabel kedua. Disini saya contohkan seperti dosen dan mata kuliah. Kita tahu bahwa dosen bisa memiliki banyak mata kuliah yang dia ampu. Namun satu mata kuliah hanya bisa diampu oleh satu dosen saja.

Relasi One To Many

Many-To-Many ( – )

Relasi many to many adalah keadaan dimana satu baris dari tabel satu dapat berhubungan dengan tabel kedua. Dan satu baris dari tabel kedua dapat berhubungan dengan banyak baris dari tabel pertama. Artinya kedua tabel masing – masing dapat mengakses banyak data dari tiap tabel yang lain. Dalam hal ini, kita membutuhkan tabel ketiga sebagai perantara tabel satu dan tabel dua sebagai tempat untuk menyimpan foreign key dari masing – masing tabel. Disini saya memberikan contoh barang dan penjualan. Tentu saja setiap satu jenis barang bisa dijual berkali – kali. Dan satu penjualan bisa mencangkup banyak barang.

relasi many to many

HIRARKI

Hirarki Database

Keterangan:

1.   Karakter

Merupakan bagian terkecil dalam database, dapat berupa karakter numerik (angka 0 s/d 9), huruf (A-Z, a-z) ataupun karakter-karakter khusus seperti *, &, %, #, dan lain- lain.

2.   Record/Tupple

Tuple/Record adalah kumpulan data value dari attribute yang berkaitan sehingga dapat menjelaskan sebuah entity secara lengkap. Misalnya record entity mahasiswa adalah kumpulan data value dari field. Dalam database, record disebut juga baris.

3.   Field/Atribut

Merupakan bagian dari record yang menunjukkan suatu item data yang sejenis, misalnya field nama, field nim, dan lain sebagainya. Setiap field harus mempunyai nama dan tipe data tertentu. Isi dari field disebut Data Value. Dalam database, field ini disebut juga kolom.

4.   Tabel/Entity

Entity merupakan sesuatu yang dapat diidentifikasi dari suatu sistem database, bisa berupa objek, orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasi nya akan disimpan dalam database.

5.   Database

Kumpulan dari tabel-tabel yang saling berelasi, disusun secara logis sehingga menghasilkan informasi yang bernilai guna dalam proses pengambilan keputusan.

CONTOH DATABASE

Contoh Database dalam Bentuk ERD