Laravel / Pemrograman Web Lanjut · July 18, 2022 0

Cara Install Laravel di Windows #belajarlaravel-1

Laravel adalah framework yang akan membantu Anda memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website. Lengkapnya package yang dimiliki Laravel akan membuat PHP menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan mudah digunakan. Sebelum melakukan instalasi Laravel pada Windows, pastikan Anda sudah menginstall beberapa aplikasi pendukung proses instalasi Laravel, yaitu:

Proses Install Laravel di Windows

Jika sudah menginstall XAMPP dan Composer, Anda bisa memulai proses instalasi Laravel di Windows. Berikut ini adalah cara install Laravel dengan Composer di Windows:

  1. Masuk Command Prompt
  2. Masuk ke folder XAMPP pilih htdocs
  3. Mulai proses instalasi Laravel
  4. Cek instalasi Laravel di web browser

Detail instalasi adalah sebagai berikut :

  • Masuk Command Prompt

Sebelum melakukan instalasi Laravel, arahkan Command Prompt atau terminal menuju direktori file server.  Lokasi file server pada XAMPP secara default berada pada direktori xampp/htdocs.  Masukan perintah ini pada jendela Command Prompt untuk masuk ke direktori htdocs.

cd \xampp\htdocs
Tekan logo Windows + R, lalu ketikan cmd, tekan enter
Arahkan ke direktori htdocs
  • Mulai Proses Install Laravel

Pastikan komputer sudah terkoneksi dengan internet, selanjutnya jika sudah masuk direktori htdocs, Anda harus membuat request  untuk mengambil (serta menginstall) file Laravel yang telah disediakan dalam repositori Github. Gunakan perintah ini untuk melakukan request:

composer create-project laravel/laravel belajarlaravel

Jika perintah telah berhasil dimasukkan,  Composer akan mulai melakukan proses pengambilan data serta instalasi Laravel ke dalam direktori yang telah Anda tentukan. Pastikan bahwa koneksi internet dalam keadaan stabil agar tidak terjadi gangguan pada saat proses pengambilan data Laravel.

  • Cek hasil instalasi

Jika sudah selesai install, maka pada folder htdocs akan ada folder yang bernama belajarlaravel seperti pada gambar berikut

Folder hasil instalasi laravel

Untuk memastikan bahwa Laravel sukses terinstall dan siap untuk digunakan, arahkan Command Prompt atau Terminal menuju direktori yang telah Anda buat sebelumnya. Lalu, masukkan perintah berikut ke dalam Command Prompt atau Terminal:

php artisan serve
Server local berhasil diaktifkan

Jika muncul tulisan Laravel development server started pada Command Prompt atau Terminal, langkah selanjutnya adalah membuka link yang telah disediakan oleh Laravel. Secara default, Anda akan diarahkan menuju alamat server,yaitu 127.0.0.1:8000. Nantinya, akan muncul  tampilan homepage dengan tulisan Laravel di bagian tengah seperti pada gambar di bawah ini:

Tampilan homepage Laravel

Jika muncul seperti pada tampilan di atas, proses instalasi Laravel Anda telah berhasil.