Adobe Animate / HTML 5 / Multimedia · July 19, 2022 0

Pengenalan Multimedia #0

Ilustrasi Multimedia

Multimedia adalah sebagai penyedia informasi pada media elektronik seperti komputer, laptop, serta smartphone. Informasi dalam multimedia adalah berupa suara, grafik, animasi, dan teks. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) apa itu multimedia diartikan pula sebagai berbagai jenis sarana.

“Multimedia adalah penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks,” dijelaskan lebih lanjut dalam KBBI. Memahami makna lain dari multimedia adalah sebagai alat komunikasi.

“Multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks,” ditegaskan oleh Mc. Comick (1996).

Itulah mengapa definisi apa itu multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan media berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk tiga elemen tersebut.

Aplikasi Multimedia

Misalkan ada seorang petugas pemasaran produk perumahan berusaha untuk meyakinkan seorang pelanggan akan keasrian lingkungan perumahan yang ditawarkan. Petugas pemasaran tersebut ingin menjelaskan bahwa perumahan yang ditawarkan lengkap dengan berbagai fasilitas yang terpadu, bentuk rumah dan tatanan rumah yang dirancang dengan indahnya. Namun ada  kendala, dimana lokasi perumahan terletak 25 kilometer dari kantor pemasaran dan pelanggan tidak mempunyai waktu untuk ke lokasi. Media apa yang bisa gunakan untuk meyakinkan pelanggan akan kelebihan dari perumahan tersebut? Biasanya adalah sebuah map berisi berlembar-lembar lembar brosur, foto-foto, denah rumah, harga, peta dan sebagainya. Hal ini tentunya membutuhkan dana promosi yang tidak sedikit, selain tentunya menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan.

Bagaimana kalau anda meyakinkan pelanggan tersebut dengan video yang meliputi suasana perumahan, fasilitas yang tersedia, taman yang asri dengan suara kicau burung yang merdu. Apabila pelanggan ingin melihat gambaran bagian dalam rumah, pelanggan dapat melihat visualisasi dengan seolah-olah berjalan memasuki rumah tersebut sendiri. Apabila pelanggan ingin melihat detil sebuah rumah tipe tertentu, detil dapat ditunjukkan dengan cepat. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi multimedia.

Multimedia Interaktif

Interaktifitas merupakan nilai tambah yang paling penting, yang dapat dijadikan sebuah alasan yang paling utama penggunaan komputer sebagai peralatan untuk menghadirkan multimedia. Ada sebuah ilustrasi yang bisa digunakan sebagai contoh pentingnya interaktifitas. Misalkan saja ada seorang anak yang berminat untuk mengetahui informasi tentang kehidupan gajah. Anak yang bersangkutan bisa saja mendapatkan informasi tentang binatang tersebut dengan menonton televisi, misalkan saja dengan memasang saluran yang membahas dunia flora dan fauna yang paling terkenal di dunia “National Geographic Channel™”. Dengan menonton saluran ini anak tersebut akan memperoleh informasi tentang berbagai binatang yang ingin diketahui. Meskipun demikian, ada kelemahan pada contoh ini, yaitu apabila anak tersebut hanya tertarik pada binatang jenis tertentu seperti binatang laut. Terpaksa anak ini harus menonton televisi pada jam tertentu apabila sebelumnya mengetahui jam tayang acara, dimana besar kemungkinannya adalah jam dimana dia harus pergi ke sekolah. Mungkin juga anak yang bersangkutan harus menunggu berjam-jam karena tidak tahu kapan acara tentang dunia binatang laut diputar. Sedangkan apabila anak tersebut menggunakan sebuah aplikasi multimedia tentang ensiklopedia binatang yang tersedia di komputer, anak tersebut dapat memilih menu binatang laut, bahkan dapat langsung memilih binatang laut tertentu yang ingin diketahuinya. Dengan menggunakan komputer yang menyediakan interaktifitas, anak tersebut tidak harus membuang waktu berjam-jam untuk menunggu, dan bisa mencari informasi yang diinginkan kapanpun dia mau, serta tidak perlu menerima berbagai informasi yang dibutuhkan yang pada akhirnya hanya akan membuat anak tersebut jenuh dan kehilangan semangat.

Multimedia memang merupakan teknologi komputer yang sedang berkembang pesat, selain internet, seiring dengan perkembangan komputer pribadi (PC/personal computer). Ribuan perusahaan di seluruh dunia telah memanfaatkan teknologi multimedia untuk memasarkan produk perusahaan mereka, jutaan programmer (pembuat program) membuat perangkat lunak multimedia berupa permainan. Juga untuk CAL/CAI (Computer Aided Learning/Computer Aided Instruction)  program untuk belajar dengan bantuan komputer baik matematika, fisika, memasak, merakit komputer, mempelajari jalan sebuah kota, atau sekedar sebagai media penyampai informasi atau profil perusahaan, seperti perusahaan perumahan yang telah dijadikan contoh permasalah diatas, atau mungkin hotel, pertokoan dan sebagainya.

Pada sejarahnya tercatat Macromedia Flash dan Macromedia Director yang menjadi 2 software yang sangat populer sebelum akhirnya dibeli oleh Adobe Flash dan kemudian tidak dilanjutkan pengembangannya pada tahun 2012. Saat ini yang menjadi trend adalah penggabungan elemen media tersebut menjadi video yang kemudian dapat dipublikasikan pada platform Youtube maupun berbagai media sosial yang ada.